Ketua Punguan

Ketua Punguan
Ketua Punguan LumbanTobing Boru - Bere Tangerang

Senin, 06 September 2010

1 Petrus 3 : 10 – 11


JAUHI YANG JAHAT DAN LAKUKAN PERDAMAIAN

Kejahatan adalah merupakan perbuatan yang selalu ada sepanjang sejarah hidup manusia, mulai dari kecil nasehat untuk tidak melakukan perbuatan jahat telah kita dengar dari orang tua, demikian seterusnya ke generasi berikutnya. Bukan tanpa alasan, bahkan dalam ayat 10 dikatakan siapa yang mencintai hidup dan mau melihat hari-hari baik, harus menjaga lidahnya terhadap yang jahat dan bibirnya terhadap ucapan-ucapan yang menipu.


Lidah tak bertulang ternyata bisa menimbulkan kejahatan, dia bekerjasama dengan bibir maka perbuatan menipu bisa terjadi apalagi pada saat iman lemah atau goyah. Oleh karena itu nas ini telah mengingatkan kita untuk menjaga ucapan yang dikeluarkan setiap hari, pengendalian diri sangat berperan penting dalam kehidupan. Tuhan mengatakan tenangkan hatimu supaya engkau bisa berdoa karena dalam ketenanganlah kita bisa berdoa dan iman menjadi teguh.


Damai adalah suasana hati yang dinaungi Roh Kudus, dia akan hilang dihati jika kita membiarkan pikiran yang menguasainya. Karena pikiranlah maka kejahatan itu bisa terjadi. Selalu Tidak menutup kemungkinan kalau suara hati diabaikan oleh pikiran maka akan menimbulkan kejahatan. Kita harus menjauhi yang jahat dan selalu melakukan yang baik dan berjuang dengan sungguh – sungguh (ayat 11). Untuk itu berdamailah dengan hatimu supaya kita juga bisa berdamai dengan orang lain. Carilah damai itu dimanapun kita berada. Amin 

(By KAP)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar